1. Kesulitan Belajar Peserta Didik
Pengertian Kesulitan Belajar
Setiap individu tidak sama. Perbedaan individu ini menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar
dikalangan peserta didik. Sehingga memunculkan perbedaan kemampuan peserta didik dalam
memahami materi pembelajaran di kelas yang sering disebut sebagai kesulitan belajar. Menurut
Hamalik,(hal : 1983) kesulitan belajar dapat diartikan sebagaikeadaan dimana peserta didik tidak
dapat belajar sebagaimana mestinya. Keadaan tersebut tidak bisa diabaikan oleh seorang pendidik
karena dapat menjadi penghambat tujuan pembelajaran. Kesulitan belajar tidak hanya disebabkan
oleh faktor intelegensi yang rendah, akan tetapi bisa disebabkan oleh faktor-faktor non intelegensi.
Oleh karena itu, IQ yang tinggi belum tentu menjamin keberhasilan belajar.
Wood, (hal : 2007) menyatakan, kesulitan belajar adalah suatu kondisi dalam proses belajar yang
ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Hambatanhambatan
tersebut diakibatkan oleh faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik maupun luar
diri peserta didik. Faktor-faktor penyebab tersebut, hendaklah dipahami oleh pendidik agar setiap
peserta didik dapat mencapai tujuan belajar yang baik.
Peserta didik mempunyai hak yang sama untuk mencapai kinerja akademik (academic
performance) yang memuaskan. Namun kenyataannyapendidik kurang memahami peserta
didikyang memiliki perbedaan dalam hal kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang,
kebiasaan dan pendekatan belajar antara pesetrta didik satu dengan lainnya.Sementara itu,
penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah pada umumnya hanya ditunjukkan kepada para
peserta didik yang berkemampuan rata-rata, sehingga peserta didik yang berkemampuan lebih
atau yang berkemampuan kurang terabaikan. Peserta didik yang berkategori di luar rata-rata itu
(sangat pintar dan sangat rendah) tidak mendapat kesempatan yang memadai untuk berkembang
sesuai dengan kepasitasnya. Kesulitan belajar (learning difficulty) yang tidak hanya dialamipeserta
didik berkemampuan rendah saja, tetapi juga dialami oleh peserta didik yang berkemampuan
tinggi. Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan kesulitan belajar adalah suatu hambatan
yang dialami oleh peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan.
Bila Anda membutuhkan artikel ini selengkapnya silahkan download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
your Comment here